7th Session of Senam Hamil

Seperti biasa…hari Sabtu pagi dimulai dgn senam hamil di Klinik Panacea…kmrn, 20 Juni 2009 jg sama…Jam 8 lwt 15 nyampe deh…ternyata dah ada 5 bumils…rame!

Cek tensi, 120/86…rada naik niy kt Dr. Damer, tp ini mah biasa klo udah dkt2 melahirkan…frekuensi denyut jantung Dede normal…

Latihan pernafasan, duduk sila, otot dasar panggul, nungging mencegah sungsang, relaksasi n ditutup dgn edukasi tentang kehamilan…udah pernah sih dulu, tp berhubung ada 3 bumils yg br pertama kali dtg, jdnya diulang deh…

Yg seru latihan mengejan…udah step peningkatan skr mah…Unyie ikutan, jdnya heboh!Klo pas posisi setengah duduk, Unyie ga hrs ngapa2in, dia cm nyemangatin doang…santaiiii….Nah, pas posisi telentang nih yg seru…Unyie kudu megangin kaki akyu…dgn polosnya Unyie bilang “Yaaahhh, ntar hrs ngeliat doooong….”, Dr. Damer n bumils lainnya ampe ngetawain Unyie…Wah, Pak, klo ga yakin bisa jgn maksa deh, ntar malah pingsan…Niatnya bantuin istri malah ngerepotin org2 di ruang bersalin!…Unyie terlihat hopeless…hahaha…lucu bgt…Akhirnya Dr. Damer bilang, jgn liat k arah Ms. Vnya, Pak, liatin muka Ibunya aja…

Hmm, akhirnya praktek deh mengejan posisi telentang, sukses keringetan…cape jg booo!!

Kudu minta niy ama Dr. Bisma spy bs mengejan dgn posisi setengah duduk aja…biar lbh gampang, kan kebantu ama gravity…mudah2an Dr. Bisma setuju…kt Dr. Damer sih, at least sampe kepala bayi keluar, krn itu bagian yg paling besar n paling susah dikeluarin…jd klo kepala baby udah keluar boleh deh ganti k posisi telentang, spy dokter lbh gampang ngeluarin baby…ngejan-nya ga tll heboh lg…Kudu survey ni k ruang bersalin RSPB biar tau apa RS ini punya tmp tdr dgn penyangga kaki…biar si Unyie ngga stres…hahaha…cukup dia jd supporter aja nanti di ruang bersalin…

Akhirnya latihan selesai, Dr. Damer berpesan utk latihan mengejan tiap hari, 3-4 kali ngejan berturut2 masing2 posisi…

Hopefully semua lancar jaya…amiiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: