Save The Earth…Go Green Nathan !!

Mengusung tema go green and healthy living *dan economically friendly tentunya :)*, Mama memakaikan clodi (CLOth DIaper) buat Nathan…dah 2 bln ini nih si bebe ndut mulai pakai clodi…sebelumnya Mama selalu memakaikan disposable diaper merk Mamy Poko yg harganya lumayan bikin ga bs senyum pas di kasir😦

Beberapa alasan pemakaian clodi yg membuat Mama mantep utk memilih clodi instead of dispo diaper:

1. Lebih aman untuk bayi, esp. baby boy! 

– No Dioksin. Zat kimia dioksin ini bersifat karsinogen, dah dilarang pemakaiannya di negara2 besar. Dioksin ini masih terdapat di dispo diaper.

– No Trybutil-Tin (TBT). Polutan ini dpt menyebabkan gangguan hormonal pada manusia. Again, zat ini ada di dispo diaper. 

– No Sodium Polyacrylate. Ini bahan penyerap di dispo diaper yg akan jd gel apabila basah. Penelitian University Kiel di Jerman menunjukkan bahwa penggunaan dispo diaper akan meningkatkan temperatur daerah kelamin bayi laki2 sebesar 1 deg C, akibatnya berupa gangguan mekanisme spermatogenesis (bikin mandul!) dan memicu pertumbuhan sel2 kanker testikular….hiiiiyyy, serem amaaattt!! 

2. Lebih ramah lingkungan

Ga bener2 sampah free sih krn nyuci clodi kan jg pake detergen, yg artinya tetep nyampah ke lingkungan, trus nyuci pake mesin cuci jg jdnya tetep pake listrik, not to forget pemakaian air utk ngebilas2…hehehe…tapi yg jelas, pemakaian clodi ngga numpukin sampah yg dah makin banyak aja memenuhi bumi…salah satu blog hasil browsing bilang klo 1 buah dispo diaper membutuhkan waktu 500 thn utk bs terurai…*membayangkan gunung dispo diaper oleh seorang bebe Nathan saja*

3. Lebih ramah di dompet Mama🙂

Ini alasan sebenarnya….hihihi! *Mama bener2 jujur…*

Mama memilih membelikan Nathan clodi impor yg harganya emang bikin pingsan…alesannya adalah hasil review para mommies yg dah duluan makein clodi impor ke bebenya…semua bilang clodi impor mantep bgttt…lagian, Mama berniat memakaikan clodi buat adik2nya Nathan nantinya, jd gpp beli yg mahal tapi awet alias bisa dilungsurin ke adik2nya Nathan nantinya…🙂

Gini kira2 ilustrasinya:

Nathan start pake clodi pas dia 7 bln. Diasumsikan pas Nathan 2 thn, dia dah diaper free, alias dah bs pipis or pup sendiri, ngga pake ngompol.

Pengeluaran kalo pake dispo diaper

* Daily consumption: 5 diapers, resulting 2,550 pcs of diaper in remaining 17 months

* Diaper price: Rp 2,800/pc (bench: Mamy Poko pants size M harganya Rp 95,000-an isi 34 pcs), resulting more than 7 million rupiah ’til next 17 months

Pengeluaran kalo pake clodi

* Total belanjaan clodi: less than 3 million rupiah for 12 pcs.

Macem2 sih harganya, Mama dah coba dr yg produk lokal sampai yg impor, emang bener kt Mommies yg dah duluan pakein clodi ke bebenya, ada harga ada kualitas…dr yg harganya kurang dr 100rb sampai lbh dr 300rb dah dicoba…hehehe…Nathan ok aja sih sama semuanya, no diaper rash, tp yg “murahan” emang daya serapnya ga ok, giving only less than 2 hours yg artinya paling jg Nathan br pipis 2x, tp clodinya dah basah…klo pake yg “mahalan”, pernah dicobain dipake dr mandi sore (jam 5-an) sampai mandi pagi (jam 8-an), still ok…permukaan tetap kering walaupun insert dah berat bgt, bisa diperes…hehehe…

Kenapa 12? Menurut pengamatan Mama, jumlah cloth diaper yg optimum adalah 12…ini utk bener2 pake clodi terus setiap harinya, dah termasuk klo musim ujan jg…hehehe…Tp mgkn jumlah ini ga berlaku utk newborn bebe yg bs pup sampai 6x sehari…*Yaaah, secara Nathan br kenal clodi baru2 ini ajaa*

Intinya, Mama ingin share bahwa clodi is truly a great investment…bener2 ga rugi deh…untungnya Mama dah sadar dr skr, ga nunggu sampe punya anak 3…hehehe…

Mudah2an Mama memberi inspirasi tuk Mommies lain yg membaca blog ini…Let’s save The Earth, people!🙂

Next, Mama akan posting review pemakaian clodi…ditunggu yaa!

Comments

  1. moms klo mo blanja blanji clodi kualitas oke tapi ngga mahal bisa cek borneobaby yaaa……untuk balikpapan mommys free onkir!
    sekarang uda banyak clodi lokal dgn kualitas setara clodi USA…. =D
    GO GREEN….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: