#eduplan

Kmrn iseng bgt *males kerja MODE* nge-twit ke seorang Fin Planner…nanya2 soal eduplan…

Berikut summary-nya:

(Q) Klo mulai skr nih kita invest di RD Saham utk tujuan eduplan, apakah tuh duit dibiarin aja di situ sampai saatnya mau dipake per jenjang pendidikan ato gmn?

(A) Sebaiknya, bbrp tahun sebelum due date-nya, dana yg sudah diinvestasikan di RD Saham dipindahkan ke instrument tabungan/deposito/LM karena ditakutkan pada saat dibutuhkan, RD Saham lg turun *tar malah batal sekolah*…

(Q) Lah, berarti ada kemungkinan dananya tidak sesuai target dong? Secara pada saat menghitung target itu hanya memakai angka 25% return pa, klo dipindahin ke deposito kan paling cm 6% return pa max…

(A) Iya, betul…makanya, target dana kudu di-mark up…utk antisipasi switch investment media…

(Q) Wadooohhh, kudu itung ulang dong yaaa…Sebaiknya, brp thn sblm digunakan sih dana di RD Saham dicairkan?

sudah tidak dijawab…hehehe…*mungkin dianggap bawel pisan :D*

Anyway…I got the point…

Skr kudu itung ulang nih…ada bbrp hal yg kudu diperbaiki dlm kalkulasi eduplan-nya Nathan:

1. Utk jenjang PG – SMA, gw cuma define target dana utk uang pangkal doang pdhl harusnya bareng ama uang SPP bulanan ama biaya hidup…Well, biaya hidup utk PG – SMP sih emang ga perlu ya, tp utk SMA kyknya harus disiapin terpisah…secara klo emang gw ampe pensiun kerja di perusahaan penghasil gas terbesar di Indonesia ini, dan tetep tinggal di Balikpapan, si Nathan mah sejak SMA udah pasti gw deportasi ke Jawa :)  Jadi kudu siapin jg biaya hidupnya…

2. Penyesuaian target return: Utk dana PG ga usah diapa2ain…most probably pada saatnya Nathan PG nanti, msh ada duit bulanan yg bisa cover uang pangkal…dana yg udah diinvest bs utk nutup2 biaya kuliah.

Uang pangkal + SPP TK, nanti pas Nathan ultah ke-4, uangnya kudu disimpen di deposito yg jatuh tempo 1 thn

Uang pangkal + SPP SD, nanti pas Nathan ultah ke-6, uangnya kudu disimpen di deposito yg jatuh tempo 1 thn

Uang pangkal + SPP SMP, nanti pas Nathan ultah ke-10, uangnya kudu disimpen di deposito yg jatuh tempo 2 thn

Uang pangkal + SPP SMA, nanti pas Nathan ultah ke-13, uangnya kudu disimpen di deposito yg jatuh tempo 2 thn

Uang kuliah (pangkal + SPP + biaya hidup), nanti pas Nathan ultah ke-16, uangnya kudu disimpen di deposito yg jatuh tempo 2 thn

Hmm, kudu bikin comprehensive plan nih utk #eduplan si bocil…

*aku senang membuat financial plan🙂 *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: