Perjuangan ASI utk Nathan

Barusan dpt sms dr temen kantor yg terpaksa cuti krn stok asip-nya habis…anaknya msh 3 bln umurnya…jd si temen ini baru ngantor sekitar 2 mgg-an gitu lah…

Jadi ingin berbagi soal perjuangan menyusui Nathan…mudah2an postingan ini berguna utk para mommies yg sedang struggle dalam memberikan asi utk sang buah hati…

Puji Tuhan, Nathan full mendapatkan asi selama 2 tahun…penuh perjuangan apalagi krn Mamahnya kerja…tapi akhirnya sukses…karena support yg didapatkan sangat maksimal…ini keberhasilan semua pihak, bukan cuma keberhasilan Nathan dan Mamahnya🙂

Begini perjuangannya…

Nathan lahir scr normal, setelah dibersihkan seadanya, Nathan diletakkan di perut Mamah…Nathan sukses bs meraih nenen Mamah…amazing!🙂

Selama di RS, Nathan n Mamah ga pernah terpisah, Nathan rooming in sama Mamah jd tiap 2 jam atau tiap Nathan nangis, Mamah bs lgs beraksi…ganti popok dan susuin Nathan (walaupun Mamah ngga yakin asi-nya udah ada).

RS beserta tim dokter dan perawat sangat suportif…Mamah diajarin posisi menyusui yg benar, pijat payudara dan perawatan seputar bayi…

Pulang ke rumah, Nathan sempat agak kuning…tapi setelah Mamah baca bukunya Jack Newman sang ahli laktasi, Mamah PD aja…ditambah Papah jg selalu menyemangati Mamah menyusui Nathan…

Pertumbuhan Nathan luar biasa, tiap bulan minimal naik 1 kg, seringnya lebih…Mamah makin PD menyusui Nathan… 

Size doesn’t matter…indeed! My size is only cup B during lactation period…ini udah paling pol!hehehe… But, I managed to have almost 20L of ASIP in the freezer…

Kuncinya, supply = demand…

Jadi Mamah selalu berusaha memperbanyak demand supaya supply naik…Caranya? 2 mgg stlh Nathan lahir, Mamah mulai terbiasa sama ritme menyusu Nathan, Mamah jg udah biasa bangun tengah malem dan subuh utk menyusui Nathan…intinya, Mamah udah familiar sama jam2 Nathan bangun… Awal ngumpulin stock hanya dengan menadah asi yg menetes dr sebelah payudara saat payudara yg lain menyusui Nathan…klo di siang hari, tetesan hanya sekitar 10 ml…klo malem, bisa sampai 30 ml…tetesan2 ini kemudian dicampur (asal msh dlm 24 jam dan temperatur sudah sama, jd udah disimpen dulu di kulkas bawah sampai suhunya sama, baru dicampur)…lama2 jadi 1 botol @ 100 ml. Biasanya, stlh sebelah payudara yg disusuin ke Nathan kempes, Mamah posisikan lagi Nathan ke payudara sebelahnya…kadang Nathan mau (tanda dia masih haus) kadang udah ngga mau. Nah, kalau pas Nathan ngga mau, payudara sblh itu Mamah pompa (dulu belum bs merah pake tangan)…lumayan nambah stok.

Begituuuuuu terus…

Lama2, produksi asi Mamah makin banyak, jd Nathan cukup puas hanya dengan 1 payudara (itu pun klo diperah msh dpt 20-30 ml)…Jd tiap kali menyusui Nathan dengan sblh payudara, pompa sudah ditempel di payudara sebelahnya…setelah LDR (ditandai dengan asi yg mulai menetes di payudara yg ditempeli pompa itu), pompa dinyalakan dan mengalirlah asi utk memperbanyak stok…  

Saatnya masuk kantor after maternity leave…Mamah sangat PD karena stok asip sangat banyak, sampai Mamah harus nitip di freezer 3 org tetangga (makasih ya dessy, vanny n sisca!)…

Di kantor, tiap 2 jam Mamah mompa…sebulan pertama, hasil perahan Mamah tiap hari lebih besar dr kebutuhan Nathan selama ditinggal ngantor…Setelah sebulan, hasil pompaan sama dengan kebutuhan dan Nathan ternyata ngga mau minum asip yg dr freezer, maunya yg segar…Mamah kejar tayang lagi…asip terpaksa dibuang…

Nathan lulus asi eksklusif…yeiiiyyy!!!🙂

Perjuangan berlanjut…Nathan tetep minum asi sampai umurnya 1 thn, sudah mulai MPASI…pas gigi mulai numbuh, mulai nipple Mamah dijadikan teether…sampai berdarah dan rasanya periiiiiih banget…dan ini berlangsung terus tiap kali Nathan numbuh gigi…sampai di umur lbh dr 1 thn…huhuhuuuuu….

Nathan sempat coba sufor dan UHT stlh 1 thn, ini di saat produksi asi Mamah drop krn berdarah2 itu, jd Mamah ngga bs memenuhi kebutuhan asip selama Nathan ditinggal ngantor…dr 3 botol @ 150 ml, Mamah cuma mampu memenuhi 2 botol saja…kalau abis weekend, di hari senin selasa Nathan bs full asi, tp hari rabu, kamis, jumat udah campur dengan 1botol sufor or UHT…

Karena berdarah, payudara Mamah kalau dipompa sakit bgt, perah pakai tangan belum pinter…Jd karena kurang sering diperah, produksi drop…Mamah berjuang belajar merah pake tangan sampai akhirnya berhasil…merah tiap jam utk meningkatkan produksi…yesss, berhasil!🙂

Sampai di umur 20 bulan, Mamah mulai ngga merah di kantor dan memperbanyak konsumsi UHT utk Nathan…Nathan tetep dapet asi kalau lagi bareng Mamah (during lunch break dan sepanjang malem hari stlh Mamah pulang kantor)…biasanya jam 6 sore pas Mamah baru banget nyampe rumah, Nathan udah tarik tangan Mamah n ajak Mamah ke kamar utk nenen…so cute!

Saat Nathan 2 thn, saatnya weaning…sedih memang, utk Nathan maupun Mamah, tapi berkat support dr Papah, kami berhasil…yeiiiyyy!!!

Sekarang, Nathan anak sehat, minumnya UHT Mimi rasa vanilla dan strawberry…kalau malem cukup dipeluk Mamah aja bobonya…ngga bangun2 lg di tengah malem ataupun subuh…tidurnya lanjuuuut sampai pagi…senaaaaang🙂

To all mommies yg masih berjuang utk memberikan asi, semangaaaaatttt…

Cari dukungan sebanyak2nya…banyak baca2 artikel tentang tips menyusui…jangan ragu utk cari pertolongan seputar laktasi dan terakhir, jauhi stres…

Semoga makin banyak anak Indonesia yang sukses asi sampai 2 tahun…

Terbukti anakku Nathan, sangat jarang sakit…kalaupun sakit hanya batuk pilek yg cukup home treatment aja…

Puji Tuhan…

Comments

  1. Salam kenal mbak marina…
    seneng deh baca sharenya mbak yang sukses asi.. memang menyusui itu juga ada perjuangannya. Anak saya 4,5 bulan juga full asi, kalo saya maunya nggak weaning, biar dia berhenti sendiri nenen kapan dia siap berhenti hehehe..
    saya setuju size doesn’t matter! yang penting adalah supply meets demand

    • mbakmarina says:

      Haloooo, salam kenal juga, Mba Jessmite (eh, ini namanya bukan yaa hehehe).
      Semangat terus yaa menyusui si kecil, jd kebanggaan tersendiri bisa berjuang memberikan yg terbaik utk si kecil yaaa. Memang terbukti bgt, anakku Nathan, yg sukses ASI sampai 2 thn, jarang sakit, daya tahan tubuhnya baguuuuss bgt. I’m really sure itu berkat ASI yg dia peroleh.

      Sukses selalu yaaa, you’re a GREAT MOM!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: